Kamis (27/9) Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMATIF) berangkat ke Jakarta untuk  menghadiri Forum Keluarga Besar Mahasiswa Ilmu Komputer (FKBM-IK) yang diadakan di UPN “Veteran” Jakarta. Acara berlangsung mulai tanggal 28-30 September 2018. HIMATIF tiba di Pasar Senen dini hari dengan disambut oleh panitia yang menjemput kontingen dari Yogyakarta. HIMATIF memberangkatkan 18 orang perwakilan dari setiap departemen di himpunan untuk hadiri acara ini. Kegiatan berlangsung dari hari Jumat pagi dengan acara penyambutan peserta FKBM-IK dengan sambutan dari dosen UPN Jakarta dianjutkan dengan forum formal. Forum berlangsung hingga sore hari, kemudian di malam hari di lanjutkan dengan forum non-formal di tempat penginapan atau wisma yang tak jauh dari kampus UPN “Veteran” Jakarta.

Sekitar 50 mahasiswa UPN hadir dalam acara ini. Hari kedua dilanjutkan dengan membahas dan mengesahan pedoman teknis pelaksanaan FKBM dan Seminar Nasional Internet of Things (IoT), yang mana pembicara seminar tersebut merupakan dosen dari Universitas Gajah Mada (UGM). Kemudian siang hari dilanjutkan dengan sahring setiap bidang dalam organisasi mahasiswa (ormawa) yang ada di setiap Fakultas Ilmu Komputer. Pembahasan dalam sharing yaitu sekitar program kerja yang ada disetiap departemen. “Dengan adanya sharing ini kita bisa mengetahui program kerja yang ada dan bisa untuk dijadikan referensi untuk program keja baru di ormawa masing-masing.” Ujar Anisa dari Departemen Komunikasi dan Informasi HIMATIF.

Di malam harinya acara temu sapa dengan alumni FKBM IK cukup memeriahkan malam minggu di kampus. Para alumni yang hadir juga terlihat dari angkatan pertama yang mencetuskan Forum Keluarga Besar Mahasiswa ini. Acara temu sapa ini berlangsung sangat meriah dan menjadi moment yang tepat untuk mengobrol bersama para alumni setelah lama tidak jumpa, selain itu terdapat perfomance dari peserta FKBM-IK yang memeriahkan akhir acara.

Dihari ketiga panitia mengajak peserta untuk kunjungan ke tempat wisata yang ada di Jakarta. Kunjungan pertama yaitu ke Kota tua berkunjung ke Museum Fatahillah yang menceritakan tentang sejarah penjajahan Belanda kala itu, dilanjutkan ke Masjid Istiqlal untuk istirahat melaksanakan ibadah, dan yang terakhir menuju ikon kota Jakarta yang sangat terkenal yaitu ke Monumen Nasional (Monas). Kunjungan berlangsung dari pagi hari hingga sore hari setelah 2 hari melakasanakan forum akhirnya terbayar dengan jalan-jalan ini. Kegiatan Forum Keluarga Besar Mahasiswa Ilmu Komputer (FKBM IK) ini diadakan agar saling menjaga silaturahmi mahasiswa UPN “Veteran” se-Indonesia. “Awalnya saya sedikit khawatir FKBM-IK ini tidak “berlanjut”, melihat kemajuan 3 tahun terakhir ini. Tapi alhamdulillah di Jakarta kemarin dapat beberapa solusi yang salah satunya adalah dengan menggaet alumni. Semoga FKBM-IK makin sukses dan bisa lebih mempererat tali silaturahim ketiga UPN, terutama pada Fakultas Ilmu Komputer.” Ujar Hani Husamuddin mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta selaku ketua FKBM-IK tahun lalu dan peserta selama tiga tahun terakhir FKBM-IK.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: