Apa sih iPrada itu?

iPrada adalah portal informasi buat kamu, Prada (Prajurit Muda) atau mahasiswa baru Prodi Teknik Informatika guna mengetahui informasi, tips, dan trik mengenai kehidupan dan perkuliahan di Kampus Informatika nantinya.

Kamu bisa cari tahu dari menu yang ada di bawah ini,

Akademik

Kuliah di Teknik Informatika itu ngapain aja? Belajar programming doang kah, atau ada yang lain? Kuy cari tahu di sini,

Akademik
IF Info

IF itu kayak gimana sih? Gedung kampusnya di sebelah mana? Ntar biaya hidup di sana mahal enggak ya? Kuy cari tahu di sini,

IF Info

Lain-Lain

Ada apa aja sih di IF?
Kegiatan-kegiatannya ngapain aja?
Kuy cari tahu di sini,

Lain-Lain

Belajar Apa di IF?

Belajar tentang teori-teori serta algoritma pemrograman dan implementasi ke dalam sebuah sistem komputer atau apilkasi atau sering disebut ngoding. Selain ngoding kita juga belajar tentang jaringan, GeoIF, analisa, dan lain-lain.

Ngoding

Pemrograman atau sering disebut coding atau ngoding yaitu menyusun algoritma untuk mengembangkan program/aplikasi/software.

Jaringan

Jaringan adalah sebuah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. jafi disini kamu bakal belajar untuk merancang sebuah jaringan agar satu komputer dapat terhubung ke komputer lain.

GeoIF

GeoIF merupakan singkatan dari Geo Informatika. Merupakan implementasi dari cabang Informatika dalam bidang Geologi, Perminyakan, Pertambangan dan sebagainya. GeoIF ga ada di kampus lain lho.

Analisa

Selain membuat program, di IF kita juga belajar menganalisa suatu sistem lho.

Kurikulum

Kurikulum yang digunakan pada tahun ajaran 2018/2019 mengacu pada kurikulum tahun 2017. Program Studi Teknik Informatika menawarkan berbagai mata kuliah terapan yang dapat digolongkan ke dalam beberapa peminatan, yaitu Bidang Minat Kecerdasan Buatan, Bidang Minat Pemrograman, Bidang Minat Jaringan, Bidang Minat Sistem Informasi dan Bidang Minat Geoinformatika.

Untuk gambaran awal, bisa disimak di bawah ini mata kuliah apa saja yang akan kamu pelajari di semester 1 dan 2,

Denah Kampus

Buat kamu yang belum tahu, UPN "Veteran" Yogyakarta memiliki 2 unit kampus. Kampus pusat terletak di Seturan, Ring Road Utara dan Kampus 2 terletak di Babarsari. Gedung Prodi Teknik Informatika berada di Kampus 2 Babarsari.

Di samping adalah gambar denah Kampus 2 dan Gedung Prodi Teknik Informatika,

Kampus 2

Gedung Pattimura

Info Kostan

TAMBAKBAYAN

Sama seperti namanya yaitu ada di jl. Tambakbayan. Buat kamu yang lagi cari kost yang deket kampus dan bisa di jangkau dengan jalan kaki, tersedia kost daerah Tambakbayan seperti kost Salsabila khusus putri dan banyak lagi. Kamu bisa jalan kaki menuju kampus hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk tiba di kampus.

Biaya per bulan sekitar 500.000 – 800.000 tergantung fasilitas yang ada, dan biasanya biaya ada yang dihitung per tahun.

JANTI

Bisa ditebak dari namanya, letaknya yaitu di daerah jembatan Janti (selatan kampus). Buat kamu yang cari tempat tinggal yang biasanya lebih murah dari yang lain, pas banget tersedia kost daerah bawah dan sekitar jembatan Janti. Tapi biasanya daerah Janti kosongan alias belum ada isinya.

Biaya per bulan 300.000 – 500.000 dan ada juga yang biaya pertahun sekitar 3.000.000 per tahun. Buat kamu yang gak punya kendaraan pribadi bisa menggunakan Trans Jogja, halte terdekat ada di bawah jembatan Janti, atau bisa juga pake ojol (ojek online).

DIRGANTARA

Sama seperti Tambakbayan yang deket dari kampus, kompleks Dirgantara juga deket kampus, terletak di utara kampus, dan sangat strategis, cocok buat kamu yang lagi cari kost yang deket sama Indomaret yang suka kelaparan di tengah malam. Kamu bisa jalan kaki menuju kampus hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja melewati Gedung Agus Salim.

Biaya per bulan sekitar 500.000 – 1.000.000 tergantung fasilitas yang digunakan.

SETURAN

Sesuai namanya, tempatnya berada di Jl. Seturan. Lebih dekat ke arah kampus 1 UPN ”Veteran”. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, sepeda, atau menggunakan ojol (ojek online) membutuhkan waktu sekitar 5 – 10 menit untuk menuju kampus.

Harga kost di Seturan berkisar 600.000 – 800.000 sesuai dengan fasilitas.

CONCAT

Concat alias Condongcatur di daerah kampus 1 UPN “Veteran” dan lebih jauh daripada Seturan kalau menuju kampus Babarsari. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, sepeda, atau menggunakan ojol membutuhkan waktu sekitar 5 – 10 menit untuk menuju kampus Babarsari.

Biaya kost daerah concat berkisa 500.000 – 700.000 per buan.

ASRAMA

Buat kamu yang pengen tinggal di asrama, tersedia asrama perempuan di kampus 1 UPN “Veteran” letaknya dekat dengan Masjid Kampus UPN “Veteran” (Nuruttaqwa) dan dekat sekali dengan kopereasi mahasiswa. Fasilitas juga cukup lengkap. Untk menuju kampus 2 Babarsari kamu bisa menggunakan motor atau ojol dan membutuhkan waktu sekitar 7-10 menit

 Biaya per bulan berkisar dari 200.000 – 400.000.

Badan Otonom

HIMATIF UPN "Veteran" Yogyakarta

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika merupakan sebuah Organisasi Kampus di tingkat Program Studi Teknik Informatika berfungsi sebagai wadah dari aspirasi mahasiswa Teknik Informatika. HIMATIF berkedudukan di Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, yakni  Kampus II UPN “Veteran” Yogyakarta. HIMATIF  didirikan pada hari Jum’at, tanggal 10 November 1995, yakni Tahun didirikannya Teknik Informatika dan Angkatan Pertama di UPN.

Apabila ingin melihat kegiatan HIMATIF selengkapnya bisa kepoin di himatif.or.id atau add OA Line di @himatifupnvyk

ITC

Information Technology Club diresmikan pada tanggal 2 September 2004. ITC adalah komunitas berbentuk kesatuan secara aktif bergerak di bidang pembelajaran yang secara khusus mempelajari teknologi Java. Komunitas ini bersifat terbuka, kebersamaan dan kekeluargaan. ITClub berkedudukan di Jurusan Teknik Informatika yang bertempat di kampus II Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

ITC dibagi dalam 3 divisi, yaitu Penelitian dan Pengembangan Intern (Litbang Intern), Penelitian dan Pengembangan Extern (Litbang Extern), dan Hubungan Masyarakat (Humas).

KSL

Kelompok Studi Linux merupakan salah satu kelompok studi dalam naungan HIMATIF yang mewadahi mahasiswa dalam pembelajaran Linux.

KSL terbagi dalam 2 bidang, yaitu Litbang (Penelitian dan Pengembangan) dan Humas.

MMC

Multimedia Community adalah komunitas yang mewadahi minat dan bakat mahasiswa di bidang multimedia.
MMC terdiri dari beberapa divisi diantaranya, divisi Fotografi, divisi Videografi, divisi Desain, divisi Game dan divisi Humas.

RST

Robot Soccer Team pada awalnya adalah tim yang dipersiapkan untuk melakukan kompetisi robotik di bidang Robot Soccer. Lambat laun, kini RST menjadi wadah di mana mahasiswa dapat menuangkan ide ide kreatif yang nantinya akan dijadikan riset yang bermanfaat dalam mutu dan guna di bidang robot.

RST merupakan badan otonom yang fokus lebih pada pengembangan dan juga riset untuk meningkatkan mutu jurusan.

Kegiatan yang sering dilakukan oleh RST adalah riset, riset, riset dan pengembangan.

Menwa Cyber

Resimen Mahasiswa Cyber (Menwa Cyber) merupakan kelompok riset yang didukung oleh Kementrian Pertahanan Republik Indonesia bertugas mengamankan perimeter dunia maya (cyberspace) dengan menegakkan asas bela negara demi mempertahankan kemananan dunia maya NKRI.

Kegiatan Menwa Cyber diantaranya adalah pentesting, CTF, bootcamp, sertifikasi, pelatihan, dan keseruan lainnya.

Al-Khawarizmi

Al-Khawarizmi adalah Lembaga Dakwah Program Studi Teknik Informatika yang menjadi wadah aktualisasi mahasiswa/mahasiswi muslim dalam bidang pendidikan Islam, pendidikan akademik, dan pengabdian pada umat berupa syiar dan dakwah kampus secara langsung atau melalui media sosial. Al-Khawarizmi merupakan bagian dari Komisariat Keluarga Mahasiswa Islam UPN ‘Veteran’ Yogyakarta.

Al Khawaizmi juga menjalin silaturahim dengan yayasan yatim yang ada di wilayah DIY yaitu HIMMATU. Tidak selalu kegiatan perihal agama yang kami adakan, adapula kegiatan olahraga dan Rihlah (Jalan- jalan).