SLEMAN – Baru-baru ini maraknya terjadi penyebaran berita hoax. Penyebaran berita hoax yang tidak layak dikonsumsi atau disebarkan, dikalangan masyarakat khusunya generasi muda (Milenial). Dari berita hoax tersebut, banyak yang saling menghujat antar sesama meskipun mereka tidak tau menau kebenaran dari berita hoax tersebut.

Adanya berita hoax tersebut dikalangan remaja atau kaum milenial itu sangat berpengaruh bagi mereka, bukan kaum milenial saja, banyak lapisan masyarakat yang langsung percaya adanya berita hoax. Dari unggahan berita hoax tersebut yang tidak layak dikonsumsi, akhirnya timbulah saling menghujat satu sama lain. Sering kali netizen ber-omongan pedas atau kasar demi apa yang dia lihat dan dia tulis itu benar. padahal yang dia lihat atau berita yang dia dapat belum tentu benar adanya.

Sebenarnya, bukan hal yang aneh atau baru lagi di saat seperti ini kita mendengar atau mendapatkan berita-berita besar yang kebenaranya masih simpang siur. Karena itu seharusnya para masyarakat harus lebih berhati-hati dalam menyikapi informasi yang ada mereka dapatkan di sosial media.

Sebagai netizen yang berbudiman atau netizen yang cerdas di kalangan kaum milenial ada kalanya kita mengintropeksi diri sendiri dan memilah-milah manakah berita yang layak dikonsumsi dan di komentari dengan baik, dari mengitropeksi diri sendiri kita bisa ber-evaluasi “Apakah kita semua sudah pantas menjadi netizen yang cerdas dikalangan masyarakat Indonesia?” nah netizen yang cerdas bisa memperlihatkan cerminan Indonesia yang baik, bukan karena satu berita hoax bisa nyinyir satu sama lain nihh. Kita sebagai netizen dikalangan Indonesia jangan mudah terprovokasi oleh berita yang tidak jelas datangnya dari mana. Banyaknya berita hoax yang tersebar dikalangan masyarakat bingung membedakan mana berita yang harus dipercaya dan tidak.

Penggunaan social media juga tidak memiliki batasan umur dan pekerjaan, bisa dikatakan hampir semua kalangan dapat menggunakanya. Kebanyakan masyarakat Indonesia memanfaatkan kecanggihan teknologi yang tersedia. Nah sebagai netizen yang cerdas kita harus mengetahui mana berita baaik atau buruk yang harus kita saring. Terkadang juga munculnya berita hoax menjadi keresahan tersendiri oleh masyarakat yang sangat berpengaruh bagi mereka dan kaum milenial. Salah satunya berita hoax yang sering muncul tentang kesehatan sangat berpengaruh bagi mereka.

Nah kita sebagai netizen yang cerdas gunakanlah social mediamu dengan baik dan benar. Karena Indonesia tumbuh dari netizen yang cerdas ayo manfaatkan teknologi atau gadgetmu sebaik mungkin.

Categories: ArticleNews

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: