SLEMAN– Departemen Humas dan Advokasi (HUMVO) Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika(HIMATIF) bersama Himpunan Sistem Informasi (HIMASISFO) menyelenggarakan Sarahsehan. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Jumat (3/5). Dari pukul 13.00 hingga 15.20.

Acara tersebut diawali dengan sambutan dari Alqori A. Alamsyah (Ketua Himpunan Teknik Informatika) dan Brilliant Hanif Almubarak (Ketua Himpunan Sistem Informasi). Acara berlangsung dengan hikmat dan lancar. Para mahasiswa/i pun sangat antusisame memenuhi ruang seminar Teknik Informatika(IF). Acara Sarasehan yaitu acara dimana suatu forum Tanya jawab antara Mahasiswa dengan Dosen.

Pembicara tersebut tidak lain dosen pengajar yang ada di Teknik Informatika (IF) maupun Sistem Informasi (SI) yaitu Bapak Awang Hendrianto Pratomo, S.T.,M.T. , Bapak Bambang Yuwono, S.T., M.T. , Bapak Rifky Indra Perwira, S.Kom., M.Eng. , dan Bapak Herry Sofyan, S.T., M.Kom. Dari acara Sarasehan sendiri membahas seputar perkuliahan seperti semester antara, Kuliah Kerja Nyata (KKN), UKT, sarana dan prasarana dan semester lanjutan.

Mahasiswa/i sangat berantusiasme untuk bertanya terkait materi/pembahasan dari Sarasehan itu sendiri. Ada beberapa penanya yaitu saudari Mega(SI) “Apa saja yang terkait atau aturan yang ada di semester antara lalu apa tujuan dari semester antara sendiri?” terkait dengan pertanyaan tersebut sebagai pembicara Bapak Bayu menanggapi pertanyaan dari mahasiswi tersebut beliau menjawab “Semester Antara yaitu Mata kuliah pilihan dan praktikum. Tetapi KKN dibuka dengan syarat tidak mengambil matakuliah teori. Tujuan dari semester antara sendiri yaitu mempercepat masa studi dengan mengambil matakuliah semester atas.”

Dari penjelasan yang telah dipaparkan pihak dosen tentang UKT untuk mahasiswa/i 2015 yaitu pada semester 9 hanya membayar 50% dari UKT dan hanya mengambil TA saja, semester 10 membayar 60% dari UKT dan hanya mengambil TA saja, semester 11 membayar 70% dari UKT dan hanya mengambil TA saja dan seterusnya hingga masa D.O. Lalu jika mengambil TA dan teori membayar 100%.

Kemudian dilanjut pertanyaan dari saudari Oci(IF) melemparkan pertanyaan yaitu “terkait dengan tugas akhir sendiri, maksimal harus menyelesaikan agar tidak kena biaya harus selesai, batas maksimal pembayaran tanggal paling lambat tanggal berapa?” terkait dengan jawaban diatas Bapak Awang menanggapi “tanggal dikartu mahasiswa itu merupakan batas akhir melakukan sidang skripsi. Jika melewati tanggal yang sudah ditentukan maka akan kena biaya tambahan.” Pak Awang juga menghimbau agar mahasiswa cepat mengumpulkan data yang mengajukan bebas teori.

Dari pertanyaan-pertanyaan diatas Acara Sarasehan sendiri, tidak hanya membahas tentang materi yang sudah ditetapkan. adapun yang bertanya tentang sarana dan prasarana, pertukaran pelajar asing yang dimana Teknik Informatika diberi tempat untuk mengajukan 3 mahasiswa terbaiknya, dan juga tentang keahlian yang ada dibidang informatika atau mendirikan kelompok study yang ada di Jurusan Teknik Informatika (IF) dan Sistem Informasi (SI).

“Untuk sarana dan prasarana sendiri Teknik informatika (IF) dan Sistem Informasi (SI). Dalam tahap renovasi atau lebih ditingkatan mutu yang terbaik untuk mahasiswa/i. beliau melakukan atau berusaha yang terbaik untuk mahasiswa/i.”. Terang Bapak Rifky.

Dari pembahasan sarasehan sendiri bisa disimpulkan bahwa acara ini meningkatkan kedekatan atau lebih mengakrabkan antara mahasiswa/i dengan dosen. Mahasiswa/i lebih tau menau tentang usaha-usaha yang dilakukan oleh jurusan Teknik Informatika (IF) dan Sistem Informasi (SI).

“sarahsehan seru kita jadi lebih tahu informasi apa saja yang terkait pada Teknik Informatika(IF) Dan Sistem Informasin(SI). Acaranya juga ga spaneng hehe.” Ujar Zeti salah satu peserta Sarasehan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: